Berbagai Jenis Media Cetak Untuk Promosi Dan Branding

Media cetak untuk promosi dan branding hingga saat ini masih terus dipergunakan meskipun media online maupun internet semakin berkembang sebagai media promosi maupun branding. Dengan menggunakan media cetak promosi dan branding nantinya akan memberikan kelebihan bagi sebuah perusahaan atau bisnis karena media cetak bisa dibaca secara berulang bahkan bisa disimpan. Selain itu media cetak juga bisa menjelaskan secara lebih kompleks mengenai hal-hal yang dipromosikan.

Jenis Media Cetak untuk Promosi dan Branding

Sebuah perusahaan atau bisnis tentu akan sulit berkembang dan dikenal masyarakat luas jika tak melakukan promosi dan branding. Dalam hal ini promosi bertujuan untuk memperkenalkan produk maupun jasa dari sebuah perusahaan kepada konsumen.

Sedangkan branding merupakan cara mengkomunikasikan sehingga bisa membangun suatu merek supaya dapat dikenal masyarakat secara lebih luas. Dengan branding ini sebuah citra perusahaan atau bisnis dapat terbangun tetapi branding ini harus didukung pula promosi salah satunya dengan menggunakan media cetak. Perlu Anda ketahui pula bahwa media cetak promosi dan branding memiliki jenis yang beragam diantaranya sebagai berikut.

1. Media Massa (Koran, Tabloid dan Majalah)

Media cetak promosi dan branding yang pertama adalah media massa dimana media ini dianggap sangat efektif sebagai media promosi maupun branding pada masyarakat secara luas. Proses percetakan media massa dilakukan dalam jumlah yang banyak kemudian disebarluaskan kepada masyarakat. Dengan begitu iklan yang tertera pada media massa tersebut akan mudah terbaca dan tersampaikan dengan baik.

2. Company Profile

Biasanya setiap perusahaan atau bisnis akan mempunyai company profile sebagai media untuk menjelaskan profil perusahaan dengan lengkap. Dalam company profile tersebut biasanya berisi tentang sambutan direktur, sejarah perusahaan. Prestasi perusahaan serta produk unggulan perusahaan. Dengan company profile dibuat eksklusif lalu dicetak dan dibagikan pada pihak tertentu saja.

3. Poster

Media cetak promosi dan branding ini sering dipakai untuk pengiklan terutama untuk tujuan pemasaran. Ukuran poster juga sangat Beragam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Keunikan yang dimiliki oleh poster adalah desainnya yang dibuat menarik sehingga para pembaca akan penasaran serta berminat membacanya. Dengan begitu diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk dari perusahaan tersebut.

4. Banner

Bagi Anda yang membutuhkan media promosi maupun branding dalam media yang besar sebaiknya silahkan memilih banner saja. Karena dengan kecanggihan peralatan printing menjadikan banner kini bisa dibuat dalam berbagai ukuran dan desain. Nantinya banner tersebut bisa dipasang di lokasi yang strategis sehingga lebih mudah terbaca oleh masyarakat.

5. Brosur

Biasanya brosur juga dikenal sebagai pamflet diamna bentuk dari media cetak ini adalah berupa lembaran yang berisi informasi dan memiliki dua sisi bolak-balik. Selain itu brosur dicetak dalam jumlah yang banyak dengan kualiatas kertas yang bagus. Brosur juga dapat dibuat berupa lipatan mirip dengan leaflet.

6. Flyer

Sekilas flyer hampir mirip dengan brosur tetapi flyer bentuknya hanya satu lembar saja serta tidak memiliki lipatan. Karena sering dicetak dalam jumlah banyak menjadikan flyer ini bisa dengan mudah dibagikan pada masyarakat sehingga informasi padat dan singkat dalam flyer bisa tersampaikan.

7. Kalender

Bagi perusahaan yang ingin membangun brand serta promosi sebaiknya memiliki kalender saja. Hal ini disebabkan karena kalender mempunyai dua fungsi yaitu sebagai media promosi produk serta untuk penunjuk tanggal. Desain kalender juga bervariasi sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri sebagai media promosi.

8. Katalog

Media cetak promosi dan branding yang satu ini dapat menyajikan banyak informasi secara lengkap sehingga pembaca bisa lebih mudah mengetahui keunggulan dari produk dalam katalog tersebut. Bahkan pembeli akan merasa lebih yakin dengan produk yang ditawarkan sehingga sangat mudah meningkatkan omset penjualan.

9. Kartu Nama

Kartu nama hingga saat ini masih banyak digunakan sebagai media promosi maupun branding terutama untuk memperkenalkan secara personal anggota dari sebuah perusahaan atau bisnis.

10. Kaos

Menggunakan kaos sebagai media promosi memang sangat banyak disukai karena lebih menarik dan bisa dipakai oleh penerimanya. Biasanya kaos tersebut akan ditambah dengan logo perusahaan sebagai media promosi.

Melalui penjelasan diatas diharapkan dapat menambah wawasan Anda mengenai jenis media cetak promosi dan branding. Dengan begitu nantinya Anda bisa lebih mudah dalam memilih media cetak yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan promosi Anda. Sehingga promosi maupun branding yang dilakukan akan lebih tepat sasaran. Sekian pembahasan mengenai berbagai jenis media cetak untuk promosi dan branding.

Exit mobile version