Berbagai Macam Jenis Finishing Cetak Kartu Nama

Jenis finishing cetak kartu nama bisa menjadi solusi agar kartu nama yang Anda cetak nantinya menjadi lebih menarik dan terbaca oleh penerimanya. Saat ini kartu nama masih menjadi salah satu media promosi secara cetak yang dianggap efektif. Bahkan para pebisnis bisanya menyediakan kartu nama untuk memudahkan mereka dalam memperkenalkan diri serta bisnis yang dimiliki.

Dengan memilih jenis finishing cetak kartu nama nanti kartu nama Anda akan tampak lebih eksklusif sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap bisnis Anda.

Mengenal Jenis Finishing Cetak Kartu Nama

Perlu Anda ketahui bahwa dalam membuat kartu nama tak hanya mengutamakan identitas diri yang tertera dalam kartu nama tersebut. Tetapi kartu nama juga dapat mempresentasikan diri Anda sehingga sebaiknya desain kartu nama tersebut dibuat sebaiknya mungkin serta menambahkan jenis finishing cetak kartu nama yang tepat.

Banyak fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa tak semua penerima kartu nama akan memberikan respon yang baik bahkan menyimpan kartu nama tersebut. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut sebaiknya Anda berupaya memilih desain kartu nama yang bisa diterima dengan baik serta lebih menarik. Salah satu cara tersebut bisa Anda lakukan dengan memilih jenis finishing cetak kartu nama.

Seperti yang telah diketahui bahwa dalam dunia percetakan terdapat berbagai jenis finishing sehingga akan membuat hasil cetak lebih menarik dan tahan lama. Hal tersebut juga berlaku untuk pembuatan kartu nama. Dimana terdapat beberapa jenis finishing cetak kartu nama yang mungkin belum banyak diketahui diantaranya sebagai berikut.

1. Spot UV

Jenis finishing cetak kartu nama yang satu ini dibuat dari bahan yang berasal dari cairan sehingga dapat diolah menggunakan mesin khusus. Hasil dari finishing ini tampilan kartu nama akan memiliki efek yang mirip dengan pelapis dari bahan plastik. Tetapi spot UV ini biasanya hanya melaminasi beberapa bagian saja atau bisa sesuai dengan keinginan konsumen. Dengan begitu pada kartu nama akan terdapat beberapa bagian yang lebih menonjol.

2. Laminasi Doff dan Glossy

Laminasi sendiri adalah proses melapisi bahan dari kertas dengan menggunakan plastik. Dengan begitu kertas tidak mudah rusak dan tampilannya semakin menarik. Jenis finishing cetak kartu nama laminasi doff dan glossy biasanya banyak dipakai oleh industri percetakan terutama untuk melindungi hasil cetakan agar tidak mudah rusak maupun luntur.

Untuk laminasi glossy akan memberikan kesan mengkilap dengan permukaan yang halus sehingga dapat memantulkan cahaya. Sedangkan laminasi doff cenderung tidak mengkilap, terlihat lembut dan natural. Biasanya masyarakat yang mencetak kartu nama lebih memilih laminasi doff karena dapat memberikan kesan yang soft tetapi berkelas.

3. Hotprint

Jenis finishing cetak kartu nama ini akan memberikan kesan timbul pada kartu nama. Bahkan pada tulisannya bisa berwarna emas atau silver dengan begitu kartu nama akan terlihat lebih mewah dan eksklusif. Proses pembuatan laminasi hot print biasanya menggunakan kertas warna lalu dipres sehingga hasilnya dapat menempel pada cetakan.

4. Emboss dan Debos

Finishing emboss dan debos lebih fokus pada proses membuat kertas bertekstur 3D. Tetapi untuk finishing emboss hasilnya akan terkesan timbul sedangkan debos justru sebaliknya karena tulisan kartu nama akan terkesan tenggelam. Dengan memilih finishing jenis ini pastinya kartu nama Anda akan tampak lebih unik dan beda dari lainnya.

5. Die Cut dan Pond

Jika kebanyakan proses finishing kartu nama dilakukan pada bagian permukaan kertas lain halnya dengan finishing die cut dan pond. Karena finishing ini dilakukan dengan teknik pemotongan bahan. Untuk die cut sendiri dilakukan dengan teknik memotong kertas berdasarkan bentuk yang diinginkan.

Pemotongan kertas dilakukan dengan menggunakan mesin khusus tetapi hasil dari finishing ini sangat bergantung pada desain yang akan dicetak. Tetapi untuk pond merupakan finishing kartu nama dengan teknik memotong yang tidak sampai terpisah. Melalui finishing ini akan tampak efek yang menjadi lentur sehingga lebih mudah dilipat.

Finishing cetak kartu nama memang memiliki peran yang penting agar kartu nama Anda nantinya bisa lebih menarik dan menjadi media branding yang efektif. Tetapi pastikan Anda memilih jenis finishing cetak kartu nama tersebut secara tepat dengan begitu nantinya kartu nama Anda akan memperoleh respon yang bagus dari para penerimanya. Sekian pembahasan mengenai berbagai macam jenis finishing cetak kartu nama.

Exit mobile version