Cara Menentukan Vendor Percetakan Yang Terbaik

Dalam artikel kali ini akan membahas tentang cara untuk menentukan pilihan terhadap banyaknya vendor percetakan yang tersedia. Jumlah bisnis percetakan telah meningkat secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir. Sebagai pemilik bisnis, anda dihadapkan dengan begitu banyak pilihan vendor cetak yang menyajikan begitu banyak promosi dan servis sehingga sulit untuk memutuskan percetakan mana yang sesuai dengan kebutuhan usaha anda. Setiap percetakan pasti akan memberikan harga dan promosi yang menarik untuk anda, akan tetapi layakkah uang yang anda keluarkan untuk mendapatkan hasil cetak dengan pelayanan yang diterima? ada 4 masalah utama yang biasanya dialami oleh pelanggan dalam menggunakan layanan jasa cetak. Berikut pembahasan mengenai poin penting untuk memilih vendor yang terbaik untuk membantu bisnis anda dari segi percetakan.

Menilai Vendor Percetakan dari Segi Kualitas

Banyak vendor percetakan menawarkan cetak dengan harga yang tampaknya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Akan tetapi hasil yang nanti nya anda terima tidak sesuai dengan harapan. Kertas yang tipis, warna yang tidak solid, atau mungkin pelayanan yang buruk dari percetakan tersebut. Proofing / sample menjadi solusi bagi anda yang ingin menggunakan jasa percetakan. Jika anda mencetak dalam jumlah besar, pastikan anda melakukan proofing dan pastikan jenis kertas dan warna sesuai dengan yang anda butuhkan. Jika perlu anda dapat meminta sample pekerjaan yang sebelumnya mereka lakukan sehingga anda mendapatkan gambaran tentang kualitas kerja vendor cetak anda. Informasi dapat di cari di website percetakan anda tentang mesin yang digunakan dan servis yang sudah pernah mereka berikan. Jika anda sudah merasa tertarik dan cukup yakin dengan penyedia jasa percetakan tersebut, anda dapat meminta penawaran kepada mereka melalui email, telepon, atau media komunikasi lainnya.

Layanan Pribadi yang Didapatkan

Salah satu masalah yang paling umum pada saat anda mencetak adalah pekerjaan pelanggan belum selesai, warna yang berbeda, file cetak yang salah, hasil cetak yang hilang, pilihan kertas yang salah, hal ini adalah cerminan dari sebuah percetakan yang tidak memiliki servis untuk kontrol pekerjaan cetak pelanggan. Setiap pelanggan memiliki masa tenggat waktu dan spesifikasi cetak yang berbeda beda. Pastikan anda mengetahui apakah vendor percetakan anda memberikan pelayanan pribadi seperti komplain, pengiriman, penagihan dan jasa konsultasi yang baik kepada anda.

Ketepatan Waktu Vendor Percetakan

Setiap orang pasti menginginkan hasil cetakan yang maksimal dan tentunya sesuai dengan tenggang waktu yang telah ditentukan. Oleh karena itu anda sebaiknya mengetahui vendor cetak anda dapat merealisasikan hasil cetak anda sesuai dengan waktu yang terapkan. Pastikan pengiriman ketempat pameran atau ke kantor anda sesuai dengan yang di janjikan pada saat anda membeli jasa cetak.

Penawaran Harga yang Sesuai dengan Kebutuhan Percetakan

Tidak ada yang suka biaya tersembunyi. Sebelum Anda membeli jasa cetak pastikan penawaran Anda mencakup layanan pencetakan lengkap termasuk pengiriman, finishing dan pelayanan lainnya. Tidak ada masalah dalam menambahkan harga cetak jika anda menginginkan cetakan anda dilakukan secara ekspres, atau menginginkan kualitas kertas yang lebih bagus, akan tetapi pastikan jika harganya di beritahukan lebih dulu kepada anda. Sehingga saat menerima tagihan tidak ada lagi tambahan-tambahan biaya yang membebani.

Itulah beberapa poin penting yang patut anda perhatikan untuk dapat memilih vendor percetakan yang terbaik bagi kebutuhan mencetak anda.

 

Exit mobile version