Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan Di Perusahaan

Berikut tips meningkatkan kinerja karyawan di perusahaan. Sebelumnya Anda perlu mengetahui apa itu istilah kata kinerja. Disebutkan bahwasannya kinerja merupakan hasil dari suatu proses (Nurlaila, 2010:71). Di lain sisi ada juga yang menyebutkan bahwa kinerja adalah hasil dari suatu pekerjaan yang sangat memuaskan baik itu dari sisi quality ataupun quantity yang dilakukan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan (Luthans, 2005:165).

Dari adanya beberapa pengertian tersebut bisa dikatakan bahwasannya kinerja merupakan hasil dari apa yang telah kita kerjakan selama rentang waktu tertentu. Terlepas dari pengertian di atas sering kali permasalahan terkait cara meningkatkan kinerja karyawan menjadi perbincangan hangat ketika suatu bisnis mulai mengalami kemerosotan.

Dalam suatu perusahaan sering kali muncul permasalahan penurunan kinerja karyawan yang ternyata menjadi permasalahan utama mengapa suatu bisnis tidak bisa berkembang pesat. Tanpa mengabaikan peranan cara meningkatkan kinerja karyawan banyak sekali faktor yang mempengaruhi penurunan kinerja karyawan. Beberapa ada yang disebabkan oleh faktor internal dan sisanya berasal dari luar (eksternal).

Terkait akan hal itu beberapa faktor internal yang menyebabkan penurunan kinerja karyawan adalah perlakukan tidak adil dari atasan, persaingan antar karyawan yang tidak sehat, kurangnya perhatian dari atasan atas kinerja karyawan dan masih banyak lagi. Sedangkan faktor eksternal cenderung dari munculnya permasalahan keluarga yang kemudian memberikan dampak pada kinerja yang kurang maksimal.

Tips Meningkatkan Kinerja Karyawan

Lantas bagaimana cara meningkatkan kinerja karyawan yang jitu? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

1. Buatlah Penilaian Karyawan Yang Terbuka

Salah satu hal yang menyebabkan menurunnya kinerja karyawan adalah adanya penilaian yang tidak transparan. Dalam hal ini banyak atasan yang menggaji pegawainnya dengan tidak adil serta mengabaikan kinerjanya. Beberapa pegawai yang malas sering kali mendapatkan gaji lebih besar dibandingkan dengan pegawai yang bekerja keras demi memajukan perusahaan.

Terkait dengan cara meningkatkan kinerja karyawan sudah sepantasnya Anda memberikan informasi kepada setiap pegawai tepat saat melakukan perekrutan terkait dengan kinerja yang harus dilakukan hingga akhirnya memberikan kepuasan tersendiri. Melalui cara ini maka setiap karyawan akan tahu mengapa dirinya tidak mendapatkan kenaikan gaji.

2. Pastikan Anda Memberikan Hak Karyawan

Ada berbagai hak yang sudah sepantasnya didapatkan oleh setiap karyawan ketika telah memenuhi keawajibannya. Beberapa hak mencakup kenaikan gaji setiap tahunnya berbagai tunjangan mulai kesehatan hingga komunikasi yang kesemuanya ini disetujui di awal masuk perusahaan tersebut. Pastikan Anda yang merupakan atasan selalu mencoba untuk merealisasikan hak tersebut.

Cara meningkatkan kinerja karyawan yang demikian ini nantinya akan membuat pihak terkait semangat dalam menjalankan kewajibannya. Jangan sampai sekali-kali Anda melupakan hak tersebut.

3. Pemberian Reward Atau Punishment

Dalam menjalankan tugasnya setiap pekerja akan sangat bersungguh-sungguh sehingga menghasilkan kinerja yang baik. meskipun demikian ada beberapa lainnya yang tidak melakukan hal demikian ini. Tentunya sebagai atasan Anda harus mempertimbangkan hal ini. Kaitannya dengan cara meningkatkan kinerja karyawan Anda bisa memberikan hadiah atau reward kepada mereka yang memiliki kinerja bagus dan memberikan punishment kepada mereka yang bekerja di luar aturan.

Beberapa hadiah yang diberikan tidaklah harus mahal bisa seperti libur satu hari, kenaikan gaji, pemberian hadiah yang pantas atau liburan ke suatu tempat bisa dijadikan sebagai pilihan. Keadilan yang demikian ini akan membantu dalam meningkatkan kinerja karyawan untuk selalu berkarya demi kemajuan perusahaan.

4. Memberikan Jenjang Karir Yang Bertahap

Sering kali dalam suatu wawancara lamaran pekerjaan pihak perusahaan akan memberikan penawaran atas adanya jenjang karir yang bagus ketika seseorang telah melakukan pekerjaan dengan baik selama kurun waktu tertentu. Tindakan yang berkaitan dengan cara meningkatkan kinerja karyawan adalah strategi yang dilakukan oleh atasan agar kinerja karyawan meningkat.

5. Memberikan Training Atau Pelatihan

cara meningkatkan kinerja karyawan yang lainnya adalah dengan memberikan training ataupun pelatihan kepada para karyawan sehingga kemampuan mereka dalam menjalankan tugas akan menjadi lebih baik. Hal ini sangatlah penting mengingat dari hari ke hari zaman berkembang dengan sangat pesat dan membutuhkan beberapa orang yang memiliki pemikiran luas dan cerdas. Untuk itu pastikan Anda menawarkan pelatihan ataupun training kepada para pegawai Anda.

Kinerja karyawan sangatlah mempengaruhi kemajuan dari suatu perusahaan. Ketika Anda memiliki karyawan yang kinerjanya buruk sudah pasti Anda akan gagal dalam memajukan perusahaan yang Anda miliki. Akan sangat disayangkan jika hal tersebut terjadi sehingga Anda pun akan lebih baik mencoba untuk menerapkan cara meningkatkan kinerja karyawan demi menjaga kelangsungan perusahaan Anda di masa depan. Sekian pembahasan mengenai cara meningkatkan kinerja karyawan di perusahaan.

Exit mobile version