Hindari Berbagai Kesalahan Umum Dalam Branding

Kesalahan dalam branding biasanya sangat sering dilakukan sebuah perusahaan. Brand adalah suatu hal yang sangat penting untuk mengembangkan sebuah bisnis yang digunakan untuk identitas perusahaan. Jika menggunakan brand, maka masyarakat bisa mengenali produk yang Anda jual.

Selain itu dengan brand maka sebuah perusahaan akan dikenal pada jaringan yang lebih luas. Maka dari itu branding merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Jika dikerjakan dengan baik, maka branding fungsinya tidak hanya sekedar identitas untuk suatu perusahaan akan tetapi juga akan meningkatkan sebuah citra perusahaan terhadap konsumen.

Fungsi utama branding yaitu menanamkan sebuah citra dan image pada konsumen dan masyarakat. Sebuah perusahaan yang mempunyai produk yang akan dijual dengan menggunakan branding produk, maka mereka akan selalu diingat oleh masyarakat. Begitu sebaliknya jika suatu perusahaan melakukan sebuah kesalahan dalam branding, maka produk yang mereka jual akan lama untuk dikenal oleh masyarakat. Bahkan ada kemungkinan dijauhi oleh masyarakat.

Tujuan dari branding itu sendiri adalah ada tiga diantaranya membangun kepercayaan para masyarakat dan konsumen, membangun cinta dan juga membentuk suatu persepsi. Ada banyak sekali brand terkenal karena promosi brand dengan tagline yang baik dan mudah dicerna oleh masyarakat. Contohnya seperti produk kecap, air minum, permen, mie instan, susu, baterai, obat dan produk lainnya.

5 Kesalahan Dalam Branding Pada Suatu Bisnis

Salah satu tujuan yang ingin diperoleh oleh suatu perusahaan dalam mempromosikan sebuah produk pastinya produk yang dijual dapat mencuri perhatian para konsumennya. Hal ini sudah menjadi sebuah tujuan yang wajib supaya sebuah produk akan terus berjalan walaupun banyak kompetitornya. Akan tetapi dalam melakukan hal tersebut pastinya tidaklah mudah dan semua itu membutuhkan sebuah teknik marketing supaya para konsumen dapat dengan mudah untuk menerima produk tersebut misalnya branding.

Namun jika suatu perusahaan melakukan branding belum tentu langsung diterima oleh konsumen, karena ada beberapa permasalahan yang dihadapinya. Tapi jangan khawatir, semua kesalahan masih dapat dihindari. Berikut ini ada 5 kesalahan dalam branding yang harus dihindari, diantaranya:

1. Pemasaran Produk Tanpa Target Yang Terfokus

Kebanyakan para pebisnis yang masih baru dalam mengembangkan usahanya dengan melakukan penjualan produk secara besar-besaran dan tidak terfokus. Namun sebenarnya dengan melakukan penjualan yang tidak terfokus akan membuat tidak efektif. Jadi hindari hal tersebut. Sebaiknya Anda harus paham terlebih dahulu dengan produk sebelum ditunjukan kepada siapapun.

2. Kurang Belajar Dari Kompetitor

Sebelum Anda mulai berbisnis akan lebih baik jika Anda melakukan pengamatan pada pasar tentang kompetitor dan kebutuhan masyarakat. Pasalnya branding tidak akan bisa lepas dengan hal tersebut. jadi Anda dapat belajar dari kompetitor tersebut dan melihat kelebihan dan kekurangannya apa.

3. Logo Brand Yang Kurang Profesional

Walaupun Anda salah satu orang yang baru saja membangun sebuah bisnis, sebaiknya logo yang Anda buat harus terlihat profesional. Jangan sampai melakukan kesalahan dalam branding. Logo adalah sebuah identitas pada suatu perusahaan. Dengan logo ini maka banyak masyarakat akan lebih mudah untuk mengenal bisnis Anda.

4. Melupakan Tagline

Kelebihan dari produk Anda dapat dijadikan untuk moto bagi perusahaan atau tagline. Pastinya, dengan tagline juga akan membantu masyarakat untuk mengingat layanan serta produk yang Anda promosikan. Contoh kata-kata yang sering digunakan seperti “Lagi A Pakai Saja XX”, “Bersih Sehat Alami Dengan XX”, “Masak Enak Pakai Kecap XX”, “Kulit Kencang dan Bersinar Pakai XX”,  “Buat Anak Kok Coba-Coba”, “Baterai Tahan Lama”, “Gigi Bersih dan Nafas Segar Setiap Hari”, “Rambut Hitam Alami”, “Baju Wangi Sepanjang Hari” dan lainnya.

5. Tidak Konsisten

Tidak konsisten merupakan kesalahan dalam branding. Ini harus Anda hindari. Karena konsisten sangatlah penting supaya masyarakat lebih mengenal produk Anda. Itulah kesalahan dalam branding yang harus Anda ketahui. Jika Anda sudah mengetahui kesalahan dalam branding, maka Anda harus menghindarinya mulai sekarang, agar proses branding Anda dapat berhasil. Sekian pembahasan mengenai berbagai kesalahan umum dalam branding.

Exit mobile version