Inilah Beberapa Istilah Desain Grafis Yang Perlu Anda Ketahui

Istilah desain grafis mungkin sudah tak asing lagi bagi Anda yang bekerja dalam dunia desain grafis setiap harinya. Tetapi bagi Anda yang masih pemula dan baru belajar desain grafis kemungkinan masih belum banyak memahami istilah desain grafis. Sehingga kemungkinan akan ada beberapa istilah dalam dunia desain grafis yang belum Anda ketahui dan terasa asing ditelinga ketika mendengarnya.

Mengenal Beberapa Istilah Desain Grafis

Dalam dunia desain grafis sebetulnya terdapat beragam istilah yang perlu Anda ketahui. Terlebih jika Anda saat ini para pemula yang bekerja dalam dunia desain grafis, maka sebaiknya memahami masing-masing istilah desain grafis sehingga dapat memudahkan dalam setiap pekerjaan Anda. Berikut ini akan dijelaskan beberapa istilah desain grafis yang perlu Anda ketahui.

1. Raster Dan Vektor

Istilah desain grafis yang pertama yaitu raster dan vektor. Dimana untuk gambar raster biasanya juga disebut sebagai gambar bitmap yang tak lain adalah gambar yang dibentuk dari kumpulan titik atau pixel kemudian tersusun sehingga menjadi bentuk atau warna tertentu. Contoh dari gambar raster itu sendiri adalah foto.

Biasanya GIMP dan Photoshop menjadi raster editor yang sudah sangat familiar dalam dunia desain grafis. Sedangkan untuk gambar vektor merupakan gambar yang terdiri dari titik-titik atau point dimana masing-masing titik tersebut ditentukan oleh titik koordinat X maupun Y. Biasanya titik-titik tersebut akan berpadu sehingga menjadi bentuk tertentu serta bisa diisi dengan warna. Software yang sering digunakan seperti Adobe Illustrator dan Corel Draw.

2. CMYK Dan RGB

Untuk istilah desain grafis berikutnya yaitu CMYK dan RGB. Dimana untuk CMYK merupakan singkatan dari Cyan Magenta Yellow Black. Dalam hal ini CMYK dapat diartikan sebagai warna standar pada desain yang akan dikirimkan ke proses pencetakan pada printer.

Oleh karena ketika akan mencetak sebaiknya pilih pengaturan warna CMYK pada desain Anda sehingga hasil cetak yang didapatkan akan sesuai desain pada monitor. Sedangkan RGB singkatan dari Red Green Blue merupakan tipikal warna yang dipakai sebagai tampilan monitor komuputer, kamera digital, smartphone, televisi dan lain-lain.

3. DPI Dan PPI

Berbicara tentang resolusi dalam desain grafis sebaiknya Anda juga mengenal istilah DPI dan PPI. Dimana untuk DPI atau Dot Per Inch biasanya acuannya pada jumlah titik untuk per inci setiap halaman cetak. Semakin banyak DPI akan membuat kualitas gambar menjadi semakin lebih baik.

Sedangkan untuk PPI atau Pixel Per Inch biasanya didasarkan pada jumlah pixel per inci pada sebuah gambar. Dengan begitu jika pada photoshop dilakukan pembesaran gambar nantinya akan membuat jumlah PPI nya semakin berkurang sehingga kualitas gambar semakin menurun.

4. Tipografi

Istilah desain grafis berikutnya yaitu Tipografi yang bisa diartikan sebagai seni mengatur tulisan atau huruf. Istilah ini memiliki peran yang penting dalam desain grafis sehingga sebaiknya para desainer harus mampu memahami istilah yang satu ini.

5. Grid

Grid merupakan serangkaian garis vertikal serta horisontal dan perpotongan sehingga dapat memudahkan dalam melakukan pengaturan maupun pembuatan kerangka desain. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan grid nantinya Anda bisa lebih mudah dan tepat untuk mengatur komposisi maupun keseimbangan antara gambar dan tulisan.

6. Logo Dan Brand

Dunia desain grafis memang tak bisa lepas dari pembuatan logo dan brand. Tetapi ternyata baik logo maupun brand memiliki makna yang berbeda meskipun keduanya saling berkaitan dalam dunia promosi. Logo merupakan bagian dari proses branding dan menjadi hasil karya grafis yang begitu kuat. Dengan adanya logo inilah sebuah perusahaan atau produk akan mudah diingat.

Sehingga logo harus mampu bersifat tahan lama sehingga dapat mewakili sebuah produk atau perusahaan. Sedangkan untuk brand memiliki makna yang lebih luas dibandingkan dengan logo. Dimana sebuah brand dapat menjadi identitas merek yang harus dibangun secara hati-hati menggunakan berbagai elemen dan logo. Dengan begitu nantinya akan saling bekerja membangun brand itu sendiri.

Melalui penjelasan diatas diharapkan bisa menambah wawasan Anda untuk lebih memahami istilah desain grafis. Terlebih saat ini desain grafis semakin berkembang dan banyak diminati untuk mendukung suksesnya promosi perusahaan atau produk agar semakin dikenal masyarakat secara luas.

Exit mobile version