Jenis Mesin Percetakan Offset Dan Digital Printing

Jenis mesin percetakan memang kian bervariasi seiring berkembangnya dunia percetakan menjadi semakin modern dan menawarkan beragam jenis layanan. Jika sebelumnya Anda sudah mengenal cetak offset dan digital printing yang keduanya menggunakan peralatan mesin yang berbeda, tetapi kini telah hadir mesin percetakan offset dan digital printing. Dimana jenis mesin percetakan ini berada masih dalam 1 devisi dengan digital printing.

Dengan menggunakan mesin cetak offset dan digital printing, nantinya proses mencetak akan semakin mudah bahkan tanpa adanya minimal order. Bahkan pemesanan hanya 1 lembar saja juga bisa dilayani dengan menggunakan mesin percetakan ini. Tetapi mesin percetakan ini memiliki beberapa jenis dengan fungsi yang berbeda.

Mengenal Jenis Mesin Percetakan Offset dan Digital Printing

Jika dulu untuk menggunakan mesin offset dibutuhkan peralatan manual yang cukup rumit, kini dengan mesin percetakan offset dan digital printing masalah tersebut dapat teratasi. Terlebih kehadiran mesin percetakan offset dan digital printing memang hadir untuk memenuhi kebutuhan jasa percetakan dalam mencetak dokumen berskala kecil dengan waktu yang singkat.

Meskipun begitu untuk proses cetak dalam jumlah banyak tetap membutuhkan waktu yang lebih lama tetapi hasilnya dijamin memuaskan. Dengan menawarkan banyak manfaat untuk kemudahan proses pencetakan dokumen, menjadikan mesin percetakan offset dan digital printing semakin diminati. Harga mesin ini juga cukup terjangkau sehingga akan semakin menguntungkan bisnis percetakan.

Biasanya mesin percetakan offset dan digital printing dipakai untuk cetak majalah, nota, kartu nama, leaflet, dan lain sebagainya. Tetapi untuk masing-masing hasil cetakan tersebut harus menggunakan jenis mesin percetakan yang sesuai agar hasilnya lebih memuaskan. Selain memiliki banyak manfaat ternyata mesin percetakan offset dan digital printing memiliki jenis yang beragam. Dimana untuk jenis mesin percetakan ini dibagi menjadi 3 jenis, diantaranya sebagai berikut ini.

1. Cetak Offset

Jenis mesin percetakan yang satu ini merupakan mesin cetak offset dan membutuhkan beberapa proses desain. Dimana proses percetakan dilakukan dengan menghitung kertas, ukuran kertas, jenis kertas serta pembelian kertas yang disesuaikan dengan kebutuhan. Selain kertas, Anda harus memperhitungkan repro film master yang akan digunakan untuk pembuatan master atau induk 1 untuk mencetak.

Repro film sendiri biasanya berbentuk plat dan akan dipakai diatas mesin cetak offset. Mesin cetak ini memiliki 5 komponen diantaranya silinder blanker, silinder plat, silinder tinta, silinder impression dan silinder air. Sedangkan untuk jenis mesin cetak offset masih terbagi lagi menjadi 3 yaitu offset kecil, offset sedang dan offset besar.

2. Cetak Plotter

Jenis mesin percetakan yang satu ini termasuk dalam mesin cetak offset tetapi ukurannya lebih besar. Biasanya mesin ini dipakai untuk mencetak banner pada perusahaan percetakan. Proses tersebut dilakukan supaya media yang dipakai akan sesuai dengan bahan yang diinginkan oleh konsumen. Selain itu mesin ini juga dilengkapi dengan mesin cutting sehingga bisa dipakai secara otomatis untuk memotong gulungan banner sesuai dengan keinginan.

3. Cetak Digital Printing

Sedangkan jenis mesin percetakan ini termasuk mesin cetak offset jenis fotocopy sehingga bisa digunakan untuk mencetak bentuk digital dengan tingkatan akurasi yang tinggi dan lebih efisien. Tetapi jenis mesin cetak ini hanya bisa dipakai untuk mencetak di media kertas stiker vinyl dan kertas biasa. Untuk ukuran cetakannya juga tidaklah terlalu besar biasanya berukuran kertas A3. Tetapi mesin ini bisa menjadi solusi untuk mencetak dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

Mesin Pendukung Percetakan Offset dan Digital Printing

Jenis mesin percetakan offset dan digital printing memang cukup beragam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan percetakan. Tetapi selain mesin utama tersebut biasanya juga akan digunakan mesin pendukung. Berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis mesin pendukung percetakan yang perlu Anda ketahui.

1. Mesin Laminating

Mesin ini dipakai untuk proses finishing percetakan dengan menggunakan bahan plastik tipis dengan perekat dan tersedia dua pilihan yaitu plastik glossy dan doff.

2. Mesin UV

Mesin ini berfungsi memberikan kesan mengkilat pada hasil cetakan.

3. Mesin Pond

Mesin ini dipakai untuk menyesuaikan percetakan dengan barang yang dinginkan sehingga memberikan efek yang lebih nyata.

4. Mesin Hotprint

Biasanya mesin ini dipakai untuk percetakan undangan karena bisa menghasilkan warna gold dan silver.

Melalui penjelasan diatas, kini Anda bisa memperoleh wawasan baru mengenai jenis mesin percetakan offset dan digital printing. Dimana mesin ini hadir memberikan kemudahan dalam dunia percetakan sehingga bisa memberikan pelayanan kepada konsumen secara lebih maksimal bahkan tanpa minimal order serta prosesnya yang cepat.

Exit mobile version