Kesalahan Desain Yang Perlu Dihindari

Pada saat anda melakukan aktivitas branding seperti pameran, road show dan lainnya, tentu anda ingin membuat brosur atau media cetak lainnya tanpa mengalami kesalahan desain yang fatal. Pada saat pameran, brosur dan media cetak lainnya adalah hal yang paling penting dikarenakan memberikan informasi seputar produk atau diskon dan promosi yang berlaku saat itu. Jangan sampai informasi yang anda tampilkan salah sehingga memberikan informasi yang salah kepada pelanggan anda. Tentu saja kesalahan bisa saja terjadi, terutama ketika saat sedang terburu-buru. Jadi dalam artikel ini diharapkan dapat menjadi panduan praktis tentang apa yang harus diperiksa dan diperiksa kembali sebelum mengirim dokumen anda ke penyedia jasa percetakan.

Ejaan

Kesalahan desain ini adalah hal sepele yang dapat anda temukan dalam sebuah media cetak seperti brosur, poster, dan banner. Akan tetapi kejadian ini sangat memalukan dan dapat membuat brand image perusahaan tercoreng pada saat pameran, terlebih jika anda menjual barang premium. Misalkan saja jika anda membeli sebuah mobil terkenal dan nama mobilnya tercetak dengan salah pada brosur, pastinya anda sedikit merasa kecewa bukan,meskipun hal tersebut tidak mempengaruhi pembelian secara langsung. Pastikan huruf per huruf diketik dengan benar, minta bantuan pihak lain untuk mengecek ejaan untuk menghindari kesalahan desain yang tidak perlu.

Tata Bahasa

Seperti halnya ejaan, tata bahasa yang buruk akan membuat tulisan anda tampak amatir dan kurang bisa diandalkan. Jadi pastikanlah menggunakan tata bahasa sesuai dengan standar yang sudah ditentukan.

Detail

Lihatlah bagian desain secara keseluruhan, tetapi pastikan untuk memeriksa detail juga. Apa yang terlihat baik dari kejauhan mungkin tidak cukup sempurna pada pemeriksaan lebih dekat. Gunakan fungsi zoom program Anda untuk melihat detail halus seperti gambar, teks, tata letak, huruf kapital, tanda baca, dan sebagainya.

Juga, pastikan untuk memeriksa hal-hal seperti alamat web, alamat email, kode pos, nomor telepon dan informasi lainnya. Sangat mudah untuk salah dalam mengetik digit (angka), jadi mintalah orang lain memeriksa ulang semua detail agar kesalahan desain tidak terjadi.

Gambar

Pastikan menggunakangambar yang benar dalam sebuah desain. Anda mungkin sudah meluangkan waktu untuk memikirkan dan membuat sebuah desain yang unik dan menarik. Jangan sampai anda mencetak sebuah brosur dengan deskripsi dan gambar yang berbeda, tentu saja ini akan sangat memalukan untuk perusahaan anda.

Jarak

Perhatikan area desain, apa yang terlihat pada komputer belum tentu sama dengan hasil cetak. Artinya anda harus memperhatikan secara seksama ruang kosong yang ada pada brosur, atau booklet seperti besarnya teks, margin kiri dan kanan, besarnya gambar sehingga dapat menutupi area design. Tentunya akan sangat mengganggu hasil cetak terdapat banyak ruang kosong yang semestinya dapat dimanfaatkan. Untuk itu mencetak 1 lembar dahulu untuk memastikan semuanya sempurna sanagat penting untuk dilakukan. Jika membutuhkan lebih banyak saran untuk mendapatkan desain yang sesuai anda dapat berkonsultasi dengan vendor cetak ataupun pada desainer grafis.

Itulah poin penting yang dapat dijadikan panduan untuk menghindari kesalahan desain yang dapat berdampak buruk terhadap citra produk ataupun perusahaan anda.

Exit mobile version