Tips Membuat Desain Kop Surat Perusahaan

Kop surat perusahaan merupakan salah satu hal penting dalam urusan surat menyurat perusahaan, baik saat mengirimkan surat kepada instansi resmi maupun tidak resmi. Oleh karena itu, pembuatan kop surat tidak bisa sembarangan atau hanya asal jadi. Kop surat adalah identitas prusahaan atau intansi agar penerima surat mengetahui asal surat tersebut serta perusahaan atau Lembaga apa yang mengirim surat kepada mereka.

Tips Desain Kop Surat

Kop surat biasa nya terletak pada bagian paling atas dalam surat, atau yang biasa juga memiliki istilah umumnya yaitu kepala surat. Kop surat sebagai identitas dari perusahaan atau intansi, maka dari itu semakin lengkap informasi yang di berikan tentunya akan semakin baik. Informasi tersebut akan membantu orang yang menerimanya mudah untuk menghubungi perusahaan anda. Namun bagaimanakah desain kop surat yang baik? Berikut ini tips desain kop surat untuk anda.

Masukan Logo Dengan Format Yang Tepat

Kebanyakan surat resmi biasanya menggunakan logo dari perusahaan atau intansi pada bagian kop surat. Akan tetapi masih banyak perusahaan atau intansi yang salah menggunakan format logo tersebut. Kesalahan yang paling sering muncul adalah ukuran logo yang kekecilan atau pun kebesaran. Oleh karena itu tips desain kopsurat menyarankan memasang logo dengan ukuran 300DPI, Format TIF, serta mode warna RGB pada kop surat.

Maksimalkan Informasi Di Bagian Samping Bawah Logo

Dalam pembuatan desain kop surat yang baik, anda harus memaksimalkan informasi yang tertera paga bagian samping atau bawah logo. Untuk informasi yang di cantumkan biasanya perusahaan atau intansi memasukan alamat, nomor telepon, email, dan juga website perusahaan. Pastikan semua informasi yang anda masukan tertulis dengan benar, karena jika kesalahan 1 huruf saja dapat berakibat fatal.

Perhatikan Ukuran Huruf Desain Kop Surat

Agar desain kop surat menjadi lebih bagus, maka pastikan ukuran huruf pada tulisan di bawah atau di samping logo dapat terlihat lebih proporsional. Hindari memilih huruf yang terlalu rumit karena justru akan terlihat kurang profesional di hadapan yang menerima surat tersebut. Selain itu ukuran huruf yang pas juga akan memudahkan untuk di baca dan enak di pandang.

Cara Membuat Kop Surat Dengan Ms Word

Bagi anda yang masih belum memiliki pengalaman dalam membuat desain kop surat maka jangan khawatir karena sebetulnya pembuatan dari kop surat cukuplah mudah. Anda dapat menggunakan MS Word, yaitu dengan Langkah pertama buatlah dokumen baru di Ms Word lalu klik view, pilih header and footer dan masukan logo dengan klik insert, pilih picture lalu klik from file dalam pilih file logo Anda. Untuk menambahkan warna atau garis maupun tulisan maka pilih menu drawing toolbars.

Sesuaikan Dengan Material Marketing

Untuk menciptakan brand image secara konsisten maka sesuaikan desain kop surat dengan material marketing, misalnya judul pada website, kartu nama, atau pun brosur. Dengan cara ini akan memiliki nilai lebih dari perusahaan anda atau pun intansi dan memberikan kepercayaan kepada orang yang menerimanya.

Nah itulah tadi tips desain kop surat untuk anda. Desain kop surat perusahaan atau intansi yang baik dan benar dapat meningkatkan keperceyaan dan juga dapat menjadi nilai branding peerusahaan anda secara tidak langsung.

Exit mobile version